Wednesday 1 February 2017

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 4

Xiaomi Redmi 4 - Salah satu vendor smartpone asal China Xiaomi menjadi salah satu merk smartphone dengan produk yang sangat diperhitungkan di pasar Indonesia. Sebelumnya, kita telah membahas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3, kali ini kita akan membahas model terbaru dari Ponsel ini dengan label Xiaomi Redmi 4. Jenis ini memiliki empat jenis yaitu model Redmi 4, Redmi 4a, Redmi 4 bpro, dam Redmi 4 Prime. Seperti apa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4 ? simak review berikut.

Xiaomi Redmi 4

Kelebihan Xiaomi Redmi 4


Desain premium, body dan frame metal

Meskipun menyandang sebagai smartphone low-end, Xiaomi Redmi 4 memiliki bodi yang dibalut dengan material full metal metal. hal ini tentu memberikan kelebihan tersendiri untuk smartphone asal China ini.

Dari dimensinya ponsel ini juga nyaman untuk digenggam dan pas disaku dengan dimensi 141.3 x 69.6 x 8.9 mm. Untuk Redmi 4, tersedia dalam 3 varian warna yakni warna Gold, Dark Grey, dan Silver, sedangkan untuk varian Xiaomi Redmi 4a hanya memiliki 2 varian warna yaitu Gold dan Rose Gold.

Layar Full HD, Tampil cakep dan Berkelas

Baik Xiaomi Redmi 4 maupun Redmi 4a, sama-sama memiliki kelebihan di area layar yang didesain melengkung 2.5D berukuran 5,0 inci beresolusi Full HD. Kedua ponsel ini menggunakan teknologi layar IPS LCD yang memungkinkan penggunanya dapat melihat tampilan pada layar dengan jelas dan jernih hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Dengan resolusi 1.280 x 720 pixels, memungkinkan pengguna smartphone ini dapat menampilkan gambar dengan tekstur yang lebih kental tanpa blur.

Internetan cepat dengan dukungan 4G LTE

Untuk jaringan internet, Xiaomi Redmi 4 dan Redmio 4a mengandalkan jaringan 4G LTE Cat 4 untuk mengakses dunia maya dengan kecepatan maksimal. Namun fitur 4G hanya akan dirasakan pada area yang sudah dijamah oleh jaringan 4G. untuk itu, Xiaomi juga melengkapi jaringan 3G HSPA dan Edge pada ponsel ini, untuk berselancar didunia maya ketika berada diarea yang belum terdapat sinyal 4G.

Penyimpanan internal dan RAM Lega

Sebagai smartphone low-end, kapasitas RAM yang disematkan pada smartphone ini terbilang sudah cukup mumpuni. Dengan dilengkapi RAM sebesar 2 GB, membuat kinerja posel ini makin bersahabat saat dilakukan multi tasking. RAM sebesar itu menjadi standar minimal RAM smartphone low-end.

Dibagian memori internanya berkapasitas 16 GB. Namun kapasitas ini dapat ditambahkan dengan slot micro SD mencapai 256 GB. Namun sayangnya slot SD card ini besifat hybrid. apa itu hybrid ? simak kekurangan dibawah.

Performa cepat Dengan spesifikasi yang mumpuni

Kelebihan Xiaomi Redmi 4 yang selanjutnya terdapat pada sektor dapur pacu, ada perbedaan di antara Redmi 4 dan Redmi 4a. Keduanya sama-sama menggunakan Chipset Snapdragon, namun berbeda tipe.

Xiaomi Redmi 4 dipacu oleh prosesor Octa-core berkecepatan 1.4 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan Chipshet Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430, sedangkan Xiaomi Redmi 4a menggunakan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1.4 GHz Cortex-A53. Perbedaan kedua smartpone ini juga terletak pada GPU yang digunakan dimana Redmi 4 menggunakan Adreno 505, sedangkan Redmi 4a menggunakan Adreno 308.

Kamera 13 MP & Selfie 5 MP

Disegi utility khususnya kamera, Perangkat ini juga sangat cocok untuk anda yang hobi akan dunia fotografi. Pasalnya, smartphone ini sudah dibekali kamera utama beresolusi 13 MP yang dilengkapi Auto focus, Geo taging, Face detection, LED Flash dan fitur lainya. Tentu akan memaksimalkan hasil jepretan anda.

Dibagian kamera sekunder atau depan, juga tidak bisa dianggap remeh. Karena ponsel ini memiliki spesifikasi kamera 5 MP yang dapat mendukung aktifitas seperti Video call, selfie, dan groupie.

Sensor fingerprint cepat dan responsive

Fitur sensor fingerprint tidak hanya dimiliki smartphone kelas atas atau high end saja. Karena fitur ini kini sudah vamiliar dikalangan smartphone kelas bawah. Salah satunya, yaitu Xiaomi Redmi 4 ponsel Xiaomi memang banyak menghadirkan smartphone low end dengan fitur sensor finger print. Fitur ini akan mencegah tangan jail untuk mengakses semua data didalam smartphone anda. sayangnya, varian redmi 4a belum dilengkapi dengan sensor ini.

Baterai awet + Fast Charging

sementara di bagian power suplai, smartphone asal China ini memiliki power source berkapasitas raksasa. Xiaomi menyematkan baterai Li-ion berkapasitas 4.100 mAh untuk Redmi 4 dan baterai berkapasitas 3.150 mAh untuk Redmi 4a. Khusus untuk Redmi 4, Vendor ini juga membekali smartphone andalan mereka dengan fitur Fast Charging. yang memungkinkan anda untuk melakukan pengisian daya baterai dengan waktu lebih cepat.

Harga yang terjangkau

Terakhir, sebagai smartphone low end tentu memiliki harga yang terjangkau. dan hal itu terbukti dengan banderol yang disematkan pada kedua varian ponsel ini. Di market place Indonesia, Xiaomi Redmi 4 dijual dengan harga Rp1,7 jutaan. sementara Xiaomi Redmi 4a dibanderol dengan harga yang lebih murah yakni 690 Yuan atau Rp1,4 jutaan.

Kekurangan Xiaomi Redmi 4



Belum dilengkapi LED flash camera depan

Dibalik semua fitur serta spesifikasi Xiaomi redmi 4 yang terbilang gahar dan mumpuni, ternyata menyimpan kekurangan pada segi kamera depan. kamera beresolusi 5 MP ini dapat menghasilkan jepretan yang cukup baik, namun di tempat gelap kamera ini tidak dapat bekerja maksimal dikarenakan tidak adanya LED flash yang mengikuti kamera depan ponsel ini.

SIM2 bersifat Hybrid

untuk segi penyimpanan, seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Slot SD card dan Nano SIM2 bersifat Hybrid. artinya didalam satu slot ini anda harus memilih apakah akan digunakan untuk meletakan SIM2 atau digunakan untuk meletakan Micro SD. Jika anda memilih untuk menggunakanya untuk meletakan SIM2 maka micro SD tidak dapat terpasang dan berlaku pula sebaliknya.

Baterai Non-Removable

Terakhir, dengan kapasitas baterai mencapai 4.100 MaH tentu akan membuat smartphone ini awet. namun anda juga harus lebih berhati-hati pada baterai ponsel ini. Baterai Non removable atau baterai tanam akan memrlukan perlakuan dan biaya lebih saat terjadi kerusakan.

1 comment: